Asuransi memang ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada anda agar tidak mengeluarkan uang yang lebih besar karena suatu hal mendadak yang membutuhkan biaya yang cukup besar dan harus saat itu juga.

Meskipun tujuannya baik yakni menginvestasikan uang selagi sehat serta masih bisa menghasilkan pendapatan untuk nanti ketika anda sakit atau mengalami suatu musibah yang menyebabkan benar-benar tidak bisa melakukan aktivitas bekerja, namun tidak semua orang mampu memilih asuransi kesehatan dengan tepat.

Ada beberapa kesalahan umum memilih asuransi kesehatan yang banyak dilakukan sehingga bukan manfaat yang akan didapatkan melainkan kerugian berupa beban finansial, kerugian waktu serta kerugian lainnya yang bisa saja terjadi dan alih-alih merasa ditipu oleh perusahaan asuransi. Sebagai akhir, terkadang investasi dalam asuransi kesehatan tersebut itupun tidak bertahan lama, seperti harus berhenti, menutup asuransi atau berganti asuransi dan harus kehilangan dana yang sudah dinvestasikan sebelumnya.

Di kutip dari sumber centrausaha.com berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan masyarakat pada umumnya :

Tidak Mau Mencari Pembanding

Dalam memilih asuransi kesehatan akan lebih baik jika anda juga mencari berbagai pembanding dari asuransi yang ditawarkan untuk anda. Mulai dari cakupan jaminan, biaya premi, plafond yang ditawarkan, rawat inap, manfaat cashless dan masih banyak faktor lain yang harus diperhatikan.

Biasanya yang sering terjadi adalah ketika agen menawarkan dan menjelaskan produk asuransi kesehatan, anda terburu-buru untuk membeli produk asuransi kesehatan tersebut tanpa melihat bahwa ada produk asuransi kesehatan lain yang lebih bermanfaat untuk kondisi keuangan dan kebutuhan anda misalnya. Oleh karena itulah cobalah untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai jenis asuransi ini.

Tidak Mendalami Isi Polis

Kesalahan umum selanjutnya adalah tidak mendalami isi polis dengan baik dan benar. Isi polis adalah perjanjian untung rugi anda dengan pihak asuransi yang tertulis secara legal.

Tanpa mendalami isi polis tersebut, maka anda tidak bisa mengetahui apakah anda mendapatkan perlindungan manfaat atau tidak dari asuransi kesehatan tersebut. Sebagai contoh ada klaim asuransi yang menawarkan limit jumlah pertanggungan setiap harinya dan maksimal diberikan pertanggungan dalam periode tertentu.

Sehingga apabila ada kelebihan dari limit tersebut, maka anda yang harus membayar kelebihannya. Namun, juga ada asuransi yang akan membayar pertanggungan kesehatan anda mulai dari anda dirawat hingga anda sehat kembali atau pulih dengan tidak dibatasi lama anda dirawat. Pilihan yang tepat tentunya ada pada pilihan kedua.

Pilihan Premi

Asuransi tidak bisa disamakan persis dengan BPJS, Ketika anda akan membeli sebuah produk asuransi, sudah pasti premi akan menjadi salah satu hal yang harus anda perhatikan.

Mengapa demikian? Pengertian dari premi adalah besar dana yang akan anda investasikan agar anda mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan tersebut dengan pilihan dibayarkan secara bulanan, per tiga bulan, per enam bulan atau per tahun.

Kesalahan yang pertama adalah tidak menyesuaikan pilihan premi anda dengan kemampuan finansial anda setiap bulannya. Jika hal ini terjadi, maka anda akan terbebani secara finansial untuk membayar premi asuransi.

Selain itu, kekurangtepatan putusan menentukan besar premi yang anda pilih terlalu mahal atau tidak sesuai dengan cakupan jaminan atau biaya pertanggungan yang nantinya anda dapatkan. Oleh karena itulah, mengapa poin pertama diatas dijelaskan sebaiknya mencari perbandingan dari produk asuransi yang ada.

Pada prinsipnya asuransi akan tetap memberikan perlindungan kesehatan kepada anda selama anda rutin membayar premi tersebut sesuai dengan tanggal jatuh tempo polsi dan apabila ada tunggakan sebaiknya langsung dilunasi. Jadi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk dipakai perlindungan masih tetap berjalan. Usahakan selalu pertimbangkan kemampuan finansial anda agar masa pembayaran premi lunas sampai masa akhir kontrak serta tidak berhenti di tengah jalan.

Manfaat kesehatan cashless atau reumbers

Hal ini pun juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Yang dimaksud dengan cashless (pembayaran menggunakan kartu) adalah ketika anda sakit dan dirawat oleh karena keadaan apapun, anda tidak perlu mengeluarkan biaya deposit maupun biaya apapun yang biasa ditagihkan di awal oleh pihak tempat dimana anda dirawat, cukup menunjukkan kartu asuransi anda semua beres mulai dari awal masuk sampai pulang.

Sedangkan jika anda mengambil manfaat reumbers (pembayaran di awal) ketika anda dirawat sama seperti orang yang tidak mempunyai jaminan asuransi kesehatan, karena harus membayar biaya di awal seperti deposit dan untuk keluar dari RS pun juga harus melunasi semua tagihan selama dirawat.

Kemudian anda maupun keluarga harus mengajukan klaim dengan persyaratan berkas harus disesuaikan dengan pihak asuransi dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena terdapat proses verifikasi penelusuran data rekam medis anda.

Jika semua sudah tidak ada masalah dan sesuai dengan prosedur klaim, semua dana yang anda keluarkan untuk membayar biaya di RS dikembalikan oleh pihak asuransi dengan dana langsung masuk ke dalam buku tabungan sesuai yang tercantum di dalam polis.

Nah itulah beberapa kesalahan umum memilih asuransi kesehatan yang biasanya dilakukan oleh mereka yang baru pertama kali memilih asuransi kesehatan.

Akan lebih baik jika anda menanyakan hal hal seputar asuransi serta istilah istilah dalam asuransi pada mereka yang sudah memahaminya. Dengan demikian, anda bisa memahami polis asuransi anda dengan lebih baik serta anda tidak salah pilih asuransi kesehatan yang berimbas pada kerugian finansial atau kerugian lainnya di masa depan. Semoga membantu.