10 Tempat Wisata Labuan Bajo yang Menarik Untuk Dikunjungi

labuan bajo
Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di pulau jawa akan sangat jarang mendengar kota dengan nama wisata Labuan Bajo. Hal itu disebabkan karena kota yang satu ini sangat jauh dari jangkauan. Perlu diketahui bahwa kota Labuan Bajo merupakan salah satu kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores yang terdapat di bagian wilayah Nusa Tenggara Timur. mungkin dulunya tempat ini bukanlah tempat wisata yang terkenal karena letaknya yang jauh dari kota mataram atau kota-kota besar lainnya. tapi setelah orang melihat sendiri keindahan wisata alamnya maka mereka pun pada pergi ke tempat yang satu ini.

Selain sebagai kota nelayan kecil, kota Labuan Bajo sekarang ini juga sudah menjadi salah satu pusat wisata yang paling ramai di Flores. Kota yang satu ini merupakan titik singgah bagi anda yang ingin melakukan perjalanan menuju ke pulau Komodo. Meningkatnya jumlah wisata yang datang ke pulau Komodo tentu membuat para pengelola wisata tersebut membuat banyak fasilatas tambahan yakni: penginapan berbintang yang ada disekitar Labuan Bajo. Hal itu dimaksudkan supaya para wisatawan yang datang merasa nyaman dan betah menikmati keindahan di sana. Harga penginapan yang ada di sana pun relatif terjangkau, sehingga mereka bisa menikmati dengan tidak takut kantong akan kosong. Nah, bagi anda yang saat ini memiliki rencana liburan ke Flores, maka sebaiknya jangan lupakan daerah-daerah dibawah ini. daerah-daerah ini adalah tempat-tempat wisata yang sudah sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang begitu bagus dan juga sayang untuk dilewatkan. Dimana sajakah itu?

  1. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan suatu daerah penangkaran hewan yang sudah mendunia. Di sini Anda bukan hanya mendapatkan edukasi mengenai hewan Komodo, tetapi Anda juga dapat menikmati keindahan laut di sekitar pulau baik dari atas maupun dari bawah airnya. Nah untuk melengkapi keindahan pulau ini ketika berkunjung ke Labuan Bajo ada beberapa tempat-tempat wisata yang menjadi favorit, di antaranya adalah: Loh Liang, Loh Buaya dan Pulau Rinca. Loh Liang adalah pintu masuk dan merupakan daerah wisata paling utama yang ada di pulau Komodo Labuan Bajo. Di tempat ini para wisatawan dapat langsung mengamati Komodo di habitatnya bersama dengan fauna yang lain seperti: rusa, babi hutan, burung gosong dan fauna lain dalam hutan Komodo. Selain itu para wisatawan juga bisa menikmati burung-burung dan pendakian (Loh Liang – Gunung Ara) serta penjelajahan (Loh Liang – Loh Sebita). Para wisatawan bisa mengunjungi pulau Loh Liang ini dengan naik kapal atau speedboat dari Labuan Bajo. Selain bisa menikmati kegiatan seperti di atas, para wisatawan yang berkunjung ke pulau Komodo juga bisa menikmati keindahan hutan bakau, padang safana dan satwa liar seperti kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar dan berbagai macam burung indah lainnya.

  1. Pantai Pink

Pantai pink ini merupakan salah satu wisata laut yang memiliki pasir yang berwarna pink. Hamparan inilah yang sangat menarik, karena warna pink yang ditimbulkan berasal dari frakmen-frakmen karang merah yang bercampur dengan pasir putih. Pantai yang satu ini mempunyai perairan dangkal yang sangat indah dengan terumbu karang dan biota karang yang super memesona. Aktifitas atau kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan baik asing maupun domestik adalah snorkeling, diving dan mandi matahari. Pantai yang satu ini tentu dapat diakses dengan mudah, yakni melalui jalan setapak dari Loh Liang atau anda juga bisa mengakses langsung melalui boat atau kapal.

  1. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang merupakan salah satu danau vulkanik yang paling besar di bagian timur Indonesia. Danau ini memiliki luas 513 hektar dan memiliki kedalaman kira-kira 500 meter. Danau ini merupakan puncak Golo dewa yakni tempat paling baik untuk menyaksikan pemandangan dari danau Sano Nggoang dan daerah-daerah sekitarnya. Untuk menuju ke daerah tersebut memerlukan waktu 45 menit hingga satu jam dari kampung nunang. Selain itu, terdapat pula hutan disebelah danau yang merupakan tempat hidup 90-an jenis burung dan empat burung tersebut di antaranya adalah endimik Flores. Serunya di daerah danau tersebut sudah ada penginapan dan home stay.

  1. Puncak Gunung Mbeliling

Puncak Gunung Mbeliling adalah salah satu puncak yang paling tinggi di Labuan Bajo dengan ketinggian mencapai 1.250 meter dari permukaan laut. Dengan ketingggian tersebut tentu saja tempat yang satu ini sangat dingin dan sejuk untuk berwisata. Untuk itulah daerah puncak gunung ini merupakan puncak yang terbaik untuk melakukan kegiatan kamping dan foto-foto ria. Sementara itu tutupan hutan disepanjang jalur tracking kondisi alamnya masih sangat baik dan juga merupakan tempat tinggal untuk berbagai jenis burung, seperti halnya endemik Flores (gagak Flores dan serindit). Selain menawarkan berbagai keindahan tersebut, gunung yang pegunungan yang satu ini juga terdapat berbagai tanaman herbal yang biasa dipakai oleh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. Puncak gunung ini juga seringkali dijadikan sebagai titik masyarakat untuk meminta datangnya hujan pada zaman nenek moyang dulu.

  1. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin ini merupakan salah satu wisata alam yang terletak di desa Batu Cermin, kurang lebih 3 kilo meter dari kota Labuan Bajo. Sinar mentari dapat masuk ke dalam goa melalui lubang dan kemudian akan memantul pada dinding batu yang seakan-akan mampu merefleksikan cahaya kecil area lain dalam goa tersebut. Goa ini sepanjang 200 meter dengan banyak lorong telah dipenuhi dengan aneka ragam rupa stalagtit dan stalagmit hingga saat ini masih terpelihara dengan baik dan indah dalam dinding-dinding goa. Selain itu, di goa tersebut juga ditemukan pula fosil hewan laut yang menempel pada sejumlah bagian goa seperti fosil: terumbu karang, ikan-ikan dan juga penyu. Kemudian Gua ini diteliti lebih lanjut oleh pastur belanda seorang arkeolog yakni Theodore Verhoven pada tahun 1951. Menurut hasil penelitian tersebut goa tersebut selama ribuan tahun berada di dasar laut.

  1. Pulau Rinca

Pulau ini hampir sama seperti pulau Komodo karena di tempat ini anda akan melihat kehidupan Komodo secara langsung. Di tempat ini anda akan bisa melakukan Trekking dengan 3 track Trekking yang bisa kamu pilih, yaitu : Short, Medium dan Long Track. Bedanya Track disini lebih terjal dan lebih melelahkan.

  1. Pulau Padar

Pulau Padar mulai terkenal belum lama ini, yaitu sekitar tahun 2014. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan bukit dan juga laut. Jika anda hobi melihat sunset dan sunrise, maka dari atas pukit pulau ini anda bisa melihatnya dengan begitu indah dan menarik.

  1. Pulau Kelor

Pemandangan di pulau ini tidak kalah dengan pulau Padar. Pulau Kelor ini meiliki pemandangan karang dan koral yang sangat menarik. untuk itu, jika anda datang ke daerah Flores, maka jangan lupa untuk datang ke pulau ini.

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari nama aslinya adalah pulau Bidara. Ini adalah pulau yang sangat indah dan pulau yang letaknya paling dekat dengan Labuan Bajo. Di pulau ini, anda bisa menikmatinya dengan cara snorkling, berenang dan juga santai.

  1. Pulau Kambing

Meskipun namanya pulau kambing tapi di pulau ini tidak banyak kambingnya. Pemandangan di pulau ini sama indahnya seperti di pulau Bidadari. Di tempat ini juga anda bisa santai, snorkling, dan juga berenang.

2 thoughts on “10 Tempat Wisata Labuan Bajo yang Menarik Untuk Dikunjungi

  1. Kemeja Kantor May 1, 2017 at 10:07 am

    Labuan Bajo memang luar biasa..mantaappp

Leave a Reply

Name *
Email *
Website