Home » teknologi » Spesifikasi, Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy J Max

Samsung Mobile benar-benar merajai pasar smartphone hingga saat ini. Berbagai produk baru berlabel Samsung terus membanjiri pasar. Pada Juli 2016 pabrikan asal Korea Selatan ini kembali merilis produk smartphone yang membidik kelas menengah ke bawah. Produk ini diberi nama Samsung Galaxy J Max yang mengusung teknologi canggih dengan harga yang terjangkau.

Samsung Galaxy J Max hadir dengan tampilan premium dan elegan. Produk ini memiliki bentang layar seluas 7 inci dengan tipe layar TFT. Meski terbilang standar, tipe layar TFT ini menghasilkan resolusi 800 x 1280 piksel. Ini berkat dukungan dari perangkat lain yang terpasang pada mesin tablet ini.  Secara performa, produk ini didukung chipset Spreadtrum SC8830 dan prosesor Quad core dengan clock speed 1,5 GHz. Tidak seperti tablet di kelasnya, Samsung Galaxy J Max menggunakan kamera y ang beresolusi cukup bagus. Ada banyak keunggulan lain dari Samsung Galaxy J Max ini. Untuk itu mari simak ulasan lebih lengkap sebagai berikut.

Bentang layar 7 inci

Samsung Galaxy J Max hadiur dengan bentang layar yang cukup memanjakan mata yakni seluas 7 inci.Lebih lengkapnya, tablet ini memiliki dimensi panjang 186,9 mm, lebar 108,8 mm dan tebal 7.7 mm. Meski menggunakan panel layar TFT produk ini mampu menghasilkan gambar yang tajam hingga resolusi 800 x 1280 piksel dan kerapatan 216 ppi.

Dapur Pacu didukung chipset Spreadtrum SC8830 dan Prosesor Quad Core

Di sektor dapur pacu Samsung Galaxy J Max didukung oleh chipset Spreadtrum SC8830 dan prosesor Quad core. Dengan tandem keduanya tablet ini memberikan kinerja maksimal dan stabil. Selain itu ada dukungan RAM berkapasitas 1,5 GB. Beberapa pihak menyayangkan ukuran RAM ini karena dianggap tanggung dan berharap sekalian dibuat 2GB. Namun jangan khawatir, RAM sebesar ini sudah mampu mengatasi tugas multitasking dan menjamin performa lancar tanpa lag. Selanjutnya, perpaduan komponen yang canggih dan mempuni ini didukung oleh platform OS Android v5.1 Lollipop.

Tersedia Memori Internal 8GB dan Slot Memori Eksternal

Untuk sebuah tablet yang multifungsi tentunya dibutuhkan memori yang menyimpan file-file dan apliaksi yang dijalankan pada tablet tersebut. Untuk itulah Samsung Galaxy J Max menyediakan memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas ini memang tidak terlalu besar namun sudah cukup mampu menampung file-file dan aplikasi bawaan Samsung yang kira-kira memakan seperempatnya. Sisanya masih bisa digunakan untuk menyimpan file-file penting. Di samping itu pula ada slot memori eksternal yang bisa diisi hingga kapasitas 256 GB. Dua opsi penyimpanan ini tentu akan menjaga performa Samsung Galaxy J Max tetap prima.

Dukungan Duet Kamera 8 MP dan 2 MP

Samsung Galaxy J Max juga memiliki kamera berukuran bagus yakni masing-masing kamera belakang atau kamera utama berukuran 8 MP dan kamera depan 2MP. Dengan dukungan kamera ini pengguna bisa mendapatkan foto berkualitas bagus. Selain itu ada pula fitur Autofocus dan LED Flash untuk mendukung pengambilan gambar di dalam kondisi pencahayaan lemah. Kamera depan juga bisa digunakan untuk berselfie maupun bervideo call dengan kualitas rekaman video 720@30fps. Fitur-fitur pendukung lainnya yaitu touch focus, Geo-tagging, HDR, panorama dan face detection.

Akses Internet komplit dukungan jaringan 4G Cat4 LTE dan 3G HSPA

Konektivitas menjadi salah satu hal yang paling krusial bagi smartphone ataupun tablet. Untuk itulah Samsung Galaxy J Max didukung oleh jaringan terbaru 4G Cat4 LTE yang memberikan konektivitas tercepat. Di samping itu untuk mengantisipasi daerah-daerah yang belum terjangkau oleh teknologi 4G ini, Samsung Galaxy J Max juga masih mendukung jaringan standard 3G HSPA. Ada fitur-fitur lain yang mendukung Samsung Galaxy J Max yakni Wifi Direct dan hotspot untuk penggunaan internet tanpa kuota. Sistem navigasi pada tablet ini mengandalkan A-GPS dan GLONASS yang didukung satelit untuk pemetaan lokasi yang akurat. Yang terakhir, untuk transfer data antar perangkat Samsung Galaxy J Max didukung oleh Bluetooth, port micro USB dan USB OTG. Bisa disimpulkan, Samsung Galaxy J Max memiliki sistem konektivitas yang lengkap.

Dukungan daya baterai Li-Ion 4000 mAh

Samsung Galaxy J Max memiliki bentang layar yang cukup lebar dan juga perangkat  yang canggih. Ini artinya, perangkat ini memiliki kebutuhan daya yang cukup besar. Untuk itulah Samsung menyematkan baterai berkapasitas besar berjenis Li-Ion 4000 mAh yang bisa digunakan seharian penuh tanpa dicharge ulang untuk pemakaian normal. Bagi penggunaan berat, disarankan pengguna menyiapkan power bank agar tidak kehilangan momen-momen penting gara-gara kehabisan baterai.

Seperti sudah di ulas di atas, Samsung Galaxy J Max memiliki banyak fitur menarik yang tentunya akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Bentang layar 7 inci yang diusungnya didukung oleh CPU Quad Core 1,5 GHz dan RAM 1,5 GB. Tentu tidak mengecewakan. Secara singkat, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J Max.

Kelebihan Samsung Galaxy J Max

  • Layar 7 inci yang memanjakan penggunanya
  • Resolusi 800 x 1280 pixels kerapatan 216 dpi menghasilkan gambar bagus dan tajam
  • Tipe layar TFT capacitive touchscreen 16 M colors memberi hasil grafis yang tak kalah dari produk lain.
  • Chipset Spreadtrum SC8830
  • CPU Quad Core 1.5 GHz Cortex-A7
  • RAM 1.5 GB
  • GPU Mali-400MP2
  • OS Android Lollipop
  • Dual SIM Card yang bisa diaktifkan bersamaan
  • Memory internal 8 GB dan slot memory eksternal up to 256 GB
  • Kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP
  • Dilengkapi WiFi, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth, port micro USB, dan USB OTG
  • Sistem navigasi A-GPS dan GLONASS mampu menentukan lokasi secara akurat
  • Mendukung akses jaringan 4G Cat4 LTE dan 3G HSPA
  • Baterai Li-Ion 4000 mAh yang cukup awet

Kekurangan Samsung Galaxy J Max

  • Panel layar masih TFT yang tentunya kurang melegakan bagi mereka yang terbiasa menggunakan fitur yang lebih canggih.
  • Baterai non removable masih kurang familiar dan menimbulka kekhawatiran dari apra pengguna.
  • Resolusi belum Full HD, namun demikian hasil gambar tablet ini tidak terlalu buruk.

Samsung Galaxy J Max rata-rata dibandrol sekitar 3,2 jutaan rupiah atu 220 EUR. Ada dua pilihan warna yakni gold dan black yang sama-sama menampilkan kesan elegan dan mewah dari produk besutan Samsung Mobile ini. Demikianlah sekilas ulasan tentang Samsung Galaxy J Max mulai dari spesifikasi, kelebihan, kekurangan hingga harga yang berlaku di pasaran. Untuk harga kemungkinan akan terjadi perubahan seiring dengan banyaknya produk-produk baru bermunculan. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

sumber: http://www.infohpsamsung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *