Home » kesehatan » Berbagai Penyebab sakit diabetes

Mungkin makanan yang anda konsumsi tanpa anda sadari menyebabkan penyakit diabetes bersarang di tubuh anda , di tambah jarang nya bergerak atau berolahraga, penyakit itu pun semakin merajalela.dan banyak lagi penyebab-penyebab nya.

Nah berikut ini saya akan memberitahukan kebiasaan yang sering anda lakukan tetapi tanpa anda sadari kebiasaan itu lah penyebab nya, di antaranya adalah :

  • sering stres

stres sama seperti banjir, harus dialirkan agar tidak terjadi banjir besar. saat stres datang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. tubuh kita memang dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. namun, kalau gula darah terus dipicu tinggi karena stres berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

  • kecanduan rokok

sebuah penelitian di amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

  • kurang tidur.

jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu. hasil riset para ahli dari university of chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. artinya, risiko diabetes meningkat. kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

  • suka ngemil

kita mengira dengan membatasi makan siang atau malam bisa menghindarkan diri dari obesitas dan diabetes. karena belum kenyang, perut diisi dengan sepotong atau dua potong camilan seperti biskuit dan keripik kentang. padahal, biskuit, keripik kentang, dan kue-kue manis lainnya mengandung hidrat arang tinggi tanpa kandungan serta pangan yang memadai. semua makanan itu digolongkan dalam makanan dengan glikemik indeks tinggi. sementara itu, gula dan tepung yang terkandung di dalamnya mempunyai peranan dalam menaikkan kadar gula dalam darah.

4 kebiasaan di atas adalah kebiasaan umum yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari itu lah penyebab dari diabetes . nah mulai sekarang hindari lah kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan seperti dia atas agar kita terhindar dari diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *