Home » kenari » Kembak biak Burung Kenari

kenari adalah burung yang cantik untuk dipelihara di rumah karena mudah dirawat dan relatif senang sendirian. Dimana burung kenari ini jika di latih dapat memiliki suara yang gacor. Maka dari itu kenari sangat cocok bila di kembang biakan . kenari yang ingin di kembang biakan harus lah yang unggul, hal ini di karena kan agar kenari yang di hasil kan juga kualitas nya bagus .

Cara mengembakbiakan kenari dengan tepat :

belilah perlengkapan berkembang biak.

selain perlengkapan dasar yang sudah ada untuk burung, anda memerlukan kandang besar agar kenari berkembang biak, sebuah sarang untuk kenari betina agar bisa bertelur, dan bahan sarang yang akan digunakan kenari betina untuk membangun sarangnya.  anda juga memerlukan lampu agar bisa menerangi kandang jika daerah anda hanya bisa mendapatkan cahaya kurang dari 14 jam tiap hari.

ada kandang khusus berkembang biak yang memungkinkan kenari jantan dan betina terbiasa satu sama lain tanpa adanya kontak. kandang ini memiliki pemisah di bagian tengahnya yang bisa dilepaskan jika anda sudah siap untuk membiarkan kenari berkembang biak.

sarang untuk mengembangbiakkan kenari tersedia di toko penyedia perlengkapan hewan peliharaan khusus. jika membeli sarang yang sudah jadi, anda juga perlu membeli bahan sarang yang bisa ditambahkan oleh kenari ke sarang yang sudah jadi.

pisahkan kenari hingga tiba waktunya untuk berkembang biak.

kenari harus ditempatkan dalam kandang sendiri, kecuali berkembangbiak secara aktif. kenari jantang cenderung senang berkelahi dan seekor kenari jantan bisa membunuh kenari betina jika kenari betina tersebut tidak siap untuk berkembang biak. namun, kandang bisa ditempatkan di ruangan yang sama.

perhatikan tanda-tanda kenari yang berada dalam “kondisi”, artinya siap untuk berkembang biak.

perkembangbiakkan biasanya muncul di musim semi. kenari senang berkembang biak jika suhunya sekitar 21 derajat celsius dan tersedia cahaya selama 14 jam. kondisi ini bisa dilakukan di dalam ruangan, untuk mendorong perkembangbiakkan. kenari jantan dan betina memiliki perilaku berbeda ketika siap untuk berkembang biak. kamu juga bisa mencoba dengan suara mp3 burung kenari. nah pengen tahu dan penasaran kan? ini adalah suara burung kenari mp3 yang mungkin bisa kamu jadikan masteran.

tempatkan kenari jantan dan betina secara berdampingan, namun tidak dalam kandang yang sama.

tempatkan kandangnya berdampingan atau tempatkan kedua kenari dalam kandang berkembang biak khusus yang memiliki pemisah di tengahnya. hal ini akan membuat burung terbiasa satu sama lain dan perilaku tersebut akan menunjukkan jika keduanya sudah siap berkembang biak.

tambahkan sarang di samping kenari betina di dalam kandang pengembangbiakkan.

jika anda menggunakan kandang besar dan bukan kandang pengembangbiakkan, letakkan sarang tersebut di dalam kandang kenari betina. ketika kenari betina sudah menambahkan bahan sarang ke sarangnya, maka ini adalah tanda kalau ia siap untuk berkembang biak.

berikan makanan yang tepat.

 kenari yang bersarang harus diberi makanan yang tepat yang terdiri dari biji-bijian yang sudah diperkaya vitamin, makanan lembut, dan kalsium tambahan beberapa minggu sebelum berkembang biak hingga dia selesai memberi makan anaknya. cangkang keras bagian dalam cumi-cumi atau butiran granit (grit) disarankan untuk diberikan pada kenari agar mendapatkan kalsium tambahan yang diperlukan untuk menghasilkan telur yang sehat. makanan-makanan khusus ini tersedia di toko-toko hewan peliharaan

Nah itu lah cara merawat burung kenari dengan mudah , selamat mencoba !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *