Blog

Home / Jurang Tembelan, Wisata Baru yang Populer di Yogyakarta

Jurang Tembelan, Wisata Baru yang Populer di Yogyakarta

Date : Aug 03, 2017 Category : umum
Author:

Saat ini Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Jawa selain bandung dan Malang. Lokasinya yang strategis, mudahnya alat transportasi dan banyaknya objek-objek wisata dengan berbagai macam pilihan membuat daerah ini selalu dibanjiri oleh para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah bahkan banyak wisatawan asing yang datang untuk berlibur ke tempat ini. Oleh karena itu pemda yang ada di Yogyakarta telah melihat peluang ini dan mulai serius menggarap sektor pariwisata yang ternyata mendatangkan banyak pemasukan bagi pemda sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat atau baca saja paket wisata jogja.

Berkaca dari hal tersebut tersebut, pemerintah daerah Bantul mulai mengembangkan objek-objek wisata baru yang masih mengusung tema alam yang menjadi andalannya. Tidak sulit untuk mencari objek wisata alam alternatif selain Taman Buah Mangunan karena kabupaten ini memiliki tempat-tempat yang alami nan indah. Pemda tingga fokus membenai fasilitas umum, memperbaiki akses jalan, menambah papan petunjuk arah, dan juga mempromosikannya di media sosial atau media massa. Setelah kesuksesan Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan dan Becici, pemda Bantul bekerja sama dengan masyarakat sekitar dan pihak terkait mulai mengembangkan objek wisata alternatif bagi wisatawan salah satunya adalah Jurang Tembelan.

Objek wisata ini masih satu kawasan dengan hutan pinus Mangunan. Dengan konsep seperti Bukit Panguk, Jurang Tembelan menawarkan pemandangan alam yang natural dan luar biasa. Tempat in terkenal dengan keindahan sunrise-nya. Oleh sebab itu wisatawan yang datang ke lokasi ini kebanyakan rela datang pagi-pagi buta untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Pemandangan saat matahari terbit di tempat ini sangatlah indah. Di tambah lagi kabut-kabut yang menghiasi kawasan tersbut membuat wisatawan seakan-akan berada di sebuah negeri di atas awan.

Selain itu Gardu-gardu pandang yang di bangunan di kawasan ini menjadi bagian yang menambah daya tarik untuk menarik wisatawan untuk datang ke tempat ini. Pengunjung yang datang ke tempat ini dapat naik ke atas gardu tersebut dan menikmati indahnya alam Jogja dari atas. Hijaunya hutan-hutan di Pegunungan Sewu membuat mata terasa dimanjakan. Walau masih baru, kawasan ini sudah sangat populer bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahaan alam Jogja yang tidak pernah ada habisnya.

Lokasi:

Objek wisata ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Perlu waktu sekitar satu jam untuk mencapai objek wisata ini mengunakaan kendaraan bermotor. Objek wisata ini dekat dengan kawasan wisata alam seperti Kebun Buah Mangunan sehingga wisatawan bisa mengunjungi tempat ini sekaligus menjadikannya sebagai paket wisata murah di Jogja.

Tip Berwisata:

  1. Waktu terbaik adalah saat subuh atau menjelang pagi.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman.
  3. Pakai alas kaki yang nyaman.
  4. Bawa air mineral untuk mengusir dahaga.
  5. Jaga kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 2017.