Blog

Home / Aneka Makanan dan Minuman Khas Manado

Aneka Makanan dan Minuman Khas Manado

Date : Aug 11, 2017 Category : umum
Author:

Manado memang terkenal akan keindahan Taman Laut Bunakennya, sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke kota Manado. Bukan hanya wisata alam saja yang menarik, namun makanan dan minuman khas Manado perlu masuk dalam daftar wisata kuliner Anda. Cita rasa makanan khas Manado tidak kalah dengan kuliner dari daerah lain di Indonesia. Sehingga saat Anda berkunjung ke Manado jangan lupa untuk mencicipi kulinernya, karena unik, langka dan dijamin akan ketagihan. Makanan khas Manado terkenal lezat dan pas untuk lidah orang Indonesia.

Aneka Makanan dan Minuman Khas Manado yang Unik

Kuliner di kota Manado memang akan berbeda dari daerah lainnya, karena memang sangat khas dan unik. Keunikan tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lantas, makanan dan minuman khas Manado apa sajakah yang unik? Ya, inilah beberapa makanan dan minuman khas yang ada di kota Manado yang wajib Anda coba jika berkunjung ke kota tersebut.

 

Tinutuan atau lebih dikenal sebagai bubur Manado. Hampir setiap pusat keramaian menjual tinutuan. Bubur Manado terbuat dari berbagai macam sayuran hijau yang dimasak dengan bubur beras, labu kuning dan jagung. Kemudian di atas bubur ditambah sambal dan ikan asin. Jika Anda tidak suka bubur, maka dapat mencoba nasi jaha yaitu makanan khas dari beras dan ketan yang dibakar dalam bambu. Untuk makanan sejenis lauk pauk yang khas Manado antara lain ayam tuturuga (hampir seperti opor ayam), ayam woku-woku dengan cita ras pedas dikenal dengan nama lain rica-rica. Kemudian, ikan cakalang fufu tak kalah unik yaitu ikan yang diberi bumbu dan diasap. Orang Manado tidak bisa makan tanpa rasa pedas, sehingga disana terdapat dabu-dabu semacam sambal. Dabu-dabu beraneka ragam antara lain dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lilang dan dabu-dabu lemong. Dabu-dabu masih banyak dijumpai pada rumah makan yang menyajikan menu ikan bakar. Selain itu juga ada gohu (rujak khas Manado), lalampa (lemper), pisang goroho (pisang dikukus atau digoreng), sambel roa, rica rodo,  dan masih banyak lagi lainnya. Untuk dessertnya, Anda dapat mencoba Klappertaart sejenis kue yang menggunakan bahan dasar kelapa muda.

 

Untuk minuman khasnya, Manado memiliki sauger yaitu sejenis arak atau minuman beralkohol. Minuman ini dihasilkan dari hasil fermentasi pohon enau, rasanya asam, manis dan beralkohol. Selain itu, es brenebon juga merupakan minuman unik dari Manado. Brenebon berarti kacang merah. Sudah pasti jika di dalam es ini nantinya terdapat rebusan kacang merah, ditemani susu coklat dan gula merah, tentu akan terasa manis di lidah. Manado Tour

 

Demikianlah beberapa makanan dan minuman khas Manado. Jika berkunjung ke sana sebaiknya Anda mencobanya, karena pasti lezat dan menarik. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 2017.