Blog

Home / Tips Merawat Jam Tangan Kulit Original

Tips Merawat Jam Tangan Kulit Original

Date : Sep 29, 2017 Category : teknologi
Author:

Arloji atau jam tangan memang telah menjadi sebuah trend fashion tersendiri baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa, eksekutif sekalipun. Karena memang memberikan daya tarik tersendiri bagi pemakainya, sampai sampai orang rela merogoh budget kantongnya untuk membeli sebuah arloji dari kualitas abal abal sampai kualitas atas dan eksklusif. Seakan arloji memberikan daya magis bagi kebanyakan orang sehingga rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk meneguk kenikmatan akan dunia fashion. Sungguh menarik dan gak ada habisnya kalau membicarakan yang namanya fashion dan tak akan ada matinya karena fashion akan terus berputar layaknya putaran roda regulasinya kembali kesemula.

Tetapi, untuk menjaga kualitas jam tangan tersebut, banyak orang yang lalai untuk melakukan perawatan terhadap barang fashionnya. Alhasil, kualitas dari jam tangan tersebut menjadi tidak menarik. Apalagi jika kita membahas jam tangan kulit yang banyak digunakan pria. Salah perawatan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Berikut beberapa tips untuk melakukan perawatan pada jam tangan kulit original.

  1. Simpan di Tempat Yang Aman

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menyimpannya di tempat yang kering dengan suhu ruangan. Jika menyimpannya secara sembarangan dan tempatnya tidak sesuai, maka akan mengurangi umur arloji. Menyimpan di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi kondisi jam tangan dan strap kulitnya. Kondisi suhu yang tidak normal akan menyebabkan strap kulit kehilangan unsur kelembaban alaminya. Sehingga, strap tersebut akan lebih cepat kering dan rusak. Hindari juga meletakannya di permukaan yang tajam dan kasar. Strap kulit bisa rusak akibat gesekan dari permukaan tajam dan kasar tersebut.

 

Sebaiknya, jauhkanlah juga dari bau atau polusi, seperti asap rokok atau asap yang berasal dari dapur. Hal ini bisa menyebabkan warna kulit menjadi pudar dan berubah dari warna aslinya. Simpanlah pada kotak khusus agar terjaga keawetannya. Dengan begitu, strap kulit jam tangan original Anda bisa mengikuti bentuk bantalan di dalam kotak dan terhindar dari debu.

 

  1. Hindari Terkena Air Secara Langsung

Usahakan jam tangan original Anda terhindar terkena air secara langsung. Walaupun anti air dan mesin jam tangan tidak akan rusak meskipun terkena air, namun itu akan mempengaruhi kondisi tali kulitnya. Tali kulit akan mudah terkena jamur yang bisa merusak kualitas kulitnya. Kulit akan mudah mengelupas dan pecah-pecah jika terlalu sering terkena air.

 

Jika terlanjur terkena air, cara menghilangkan jamur pada jam tangan adalah segera keringkan dengan kain lembut yang kering. Hati-hatilah saat mengeringkannya dengan kain, keringkan searah dengan serat kulit tersebut. Anda juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin. Karena, kadang air yang terlanjur diserap oleh kulit tidak bisa kering jika hanya dilap dengan kain. Jika Anda mudah berkeringat, lebih baik sedikit longgarkan pengaitnya dari yang biasanya Anda pakai. Jangan juga mengaitkannya terlalu ketat, karena akan menarik permukaan kulit arloji Anda.

 

  1. Bersihkan dengan Benar

Selain perawatan yang bisa Anda lakukan dengan cara merawat jam tangan original seperti di atas, Anda juga perlu untuk membersihkan kulit arloji secara berkala. Setidaknya, lakukanlah pembersihan seminggu sekali. Perhatikan, apakah ada kotoran atau noda yang menempel pada strap atau kaca arloji atau tidak.

 

Cara membersihkan jam tangan kulit adalah jangan gunakan kain basah atau merendamnya ke dalam air secara langsung. Anda bisa membersihkannya dengan kain yang lembab yang ditambahkan dengan setetes sabun tangan. Gosoklah kedua sisi kulit tersebut secara lembut. Jika dirasa sudah bersih, basahi kain untuk membilasnya lalu keringkan dengan kain kering atau menggunakan kipas angin,.

 

Hindari menggunakan pengering rambut atau mengeringkannya dengan terik matahari. Jika belum benar-benar kering jangan dipakai dulu, Agar tidak menimbulkan rasa gatal dan iritasi lainnya pada kulit tangan Anda. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan kain jenis microfiber. Kain microfiber tidak berpotensi meninggalkan goresan pada strap kulit atau bagian kacanya.

 

Jika ada kotoran atau noda yang membandel, biasanya akan susah untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan baking soda untuk lebih mudah membersihkannya. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air sehingga berbentuk seperti krim atau pasta. Gosokkan pada strap kulit dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan dengan kain lembut. Jika ingin membersihkannya secara maksimal, Anda bisa mempelajari cara untuk melepaskan strap kulit dari arloji dengan benar. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya secara detail pada seluruh bagian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 2017.