Home » teknologi » Penyebab Ac mobil tidak dingin dan Cara Mengatasinya

(Gambar/ Mobilkeren.id)

Sebagian pemilik mobil mungkin akan beranggapan jika hilangnya suhu dingin dalam kabin mobil saat berjalan disebabkan oleh freon AC yang terdapat pada mobil sudah habis atau berkurang. Padahal, penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin secara tiba-tiba itu tidak selamanya berasal dari freon.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang penyebab AC mobil tiba-tiba tidak mengeluarkan suhu dingin, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

  1. Freon yang kurang atau habis

Suhu AC yang tiba-tiba tidak dingin terkadang disebabkan oleh freon yang kurang atau habis akibat adanya kebocoran yang terjadi pada salah satu sistem AC. Karena cara kerja Freon yaitu bersirkulasi, jika tidak ada kebocoran maka Freon dalam AC tidak akan berkurang atau habis. Kebocoran pada freon mengakibatkan Ac mobil tidak dingin optimal.

  1. Kondensor dan radiator yang kotor

Suhu AC yang tiba-tiba tidak dingin terkadang juga disebabkan oleh permukaan kondensor atau radiator yang kotor, sehingga pembuangan panas dari gas freon yang bertekanan tinggi dalam kondensor menjadi tidak sempurna. Hal ini mengakibatkan proses kondensasi yang tidak maksimal, sehingga suhu AC mobil kurang dingin.

  1. Magnetic clucth mati atau terbakar

Penyebab lainnya dari suhu AC yang tiba-tiba tidak dingin adalah spul Magnetic Clucth mati atau terbakar, sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar. Hal ini mengakibatkan sirkulasi udara dalam AC juga terganggu sehingga Ac mobil tidak dingin.

  1. Tekanan freon dalam kondisi over heat

Terjadinya tekanan yang berlebihan dalam sistem AC mengakibatkan over heat atau terlalu panas pada kondensor, sehingga kompresor menjadi terlalu panas. Akibatnya, kinerja AC menjadi menurun sehingga suhu Ac mobil tidak dingin.

  1. Oli kompresor berlebihan

Sistem AC memiliki volume yang tetap. Jika terdapat oli kompresor yang berlebihan akan mengakibatkan ruang untuk freon menjadi terbatas. Jika kita masih tetap menambahkan dengan freon hingga penuh, hal ini justru menyebabkan sistem AC menjadi over heat.

  1. Kompresor aus atau jebol

Penyebab lainnya dari suhu AC yang tiba-tiba tidak dingin adalah kompresor AC yang Aus yang ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal, Sigh Glass terlihat hitam,dan Dryer atau Expansi Valve tersumbat (masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda). Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul, segeralah ganti kompresor untuk menjaga kinerja AC tetap optimal.

  1. Thermistor atau termostart bermasalah

Thermistor Cooler merupakan peraba suhu yang terletak di dalam rumah evaporator. Alat ini berfungsi melakukan pembacaan perubahan temperatur,  yang selanjutnya akan diteruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompresor. Jika kinerja alat ini bermasalah, otomatis sistem AC akan terganggung regulasinya, sehingga berdampak pada suhu Ac mobil tidak dingin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *