Warga Desa Mammi Polewali Mandar Alami Kesulitan Air Bersih

Berita Polewali Mandar– Ancaman kekeringan nampaknya mulai melanda warga desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali mandar. Warga di desa ini mulai kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur-sumur mereka mengering. Beberapa sumur yang masih mengeluarkan air, ternyata airnya tidak layak konsumsi karena berwarna kuning dan berbau. Demi mendapatkan air bersih wargapun terpaksa mengambil air dari sebuah sumur tua yang berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Sumur tua ini menjadi satu-satunya sumber air bersih bagi warga dusun Mammi 1. Air dari sumur ini digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, minum, mencuci dan lain-lain.

Wahida, salah seorang warga setempat menuturkan bahwa krisis air bersih ini telah terjadi selama berbulan-bulan. Warga berharap kepada pemerintah Kabupaten Polewali Mandar agar bisa memberikan bantuan untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dialami oleh warga.

polewali mandar 2

Warga bahkan bisa mengantri di sumur tua tersebut hingga malam hanya demi mendapatkan air bersih. Antrian di sumur ini biasanya terjadi dari pagi hingga malam hari di musim kemarau. Belum adanya jaringan PDAM di desa ini membuat warga tidak bisa berbuat banyak. Namun rencanya akhir oktober 2017 pemerintah kabupaten Polewali Mandar akan membangun jaringan air PDAM di daerah ini. PDAM Wai Tipalayo mengungkapkan bahwa sudah ada 50 warga yang mendaftar untuk memakai jasa air PDAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *