Tentang Blog

Blog –singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)

Secara bahasa (Inggris), web artinya jaringan; log artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.

Dari berbagai definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata “tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)”, meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan:

Aa blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.


Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:

‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas updatenya disebut blogging dan seseorang yang “ngeblog” disebut blogger.

 

Bedanya dengan Website

Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog.

Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.

Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.
Google loves blogs because the content they publish is fresh. Fresh content is relevant. It’s current. If it also happens to be high quality, it quickly rises to the top of Google search.

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:
Kepemilikan
Tampilan
Domain – Hosting
Gaya Bahasa

Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan.

Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya –dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS WordPress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif).

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa “formal” layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain hosting. Blog itu situs dengan doman dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website berbayar (sewa doman dan hosting/server sendiri).